Mohon mengisi form komentar...guna perkembangan Blog ini

Kamis, 11 Februari 2010

Museum Gajah,Jakarta,Indonesia


Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah, adalah sebuah museum yang terletak di Jakarta Pusat dan persisnya di Jalan Merdeka Barat.
Museum Nasional Republik Indonesia adalah salah satu wujud pengaruh Eropa, terutama semangat Abad Pencerahan, yang muncul pada sekitar abad 18. Gedung ini dibangun pada tahun 1862 oleh Pemerintah Belanda di bawah Gubernur-Jendral JCM Radermacher sebagai respons adanya perhimpunan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yang bertujuan menelaah riset-riset ilmiah di Hindia Belanda. Museum ini diresmikan pada tahun 1868, tapi secara institusi cikal bakal Museum ini lahir tahun 1778, saat pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen oleh pemerintah Belanda.

Kemudian pada 17 Februari 1962, Lembaga Kebudayaan Indonesia yang mengelolanya, menyerahkan Museum kepada pemerintah Republik Indonesia. Sejak itu pengelolaan museum resmi oleh Direktorat Jendral Sejarah dan Arkeologi, di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Tetapi mulai tahun 2005, Museum Nasional berada di bawah pengelolaan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

Museum yang kini menyimpan koleksi sebanyak 109.342 benda budaya ini di depannya terdapat sebuah patung gajah dari perunggu hadiah raja Chulalongkorn dari Siam (Thailand) ketika mengunjungi Batavia pada tahun 1871. Oleh sebab itu Museum Nasional juga disebut “Museum Gajah”.

Museum Gajah banyak mengkoleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara. Antara lain yang termasuk koleksi adalah arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya dan barang-barang kerajinan. Koleksi-koleksi tersebut dikategorikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatic, relic sejarah dan benda berharga.

Waktu Buka:
Museum buka Selasa – Minggu dari pukul 8.30 – 14.30 WIB; hari Jumat buka dari pukul 8.30 – 11.30 WIB; dan hari Sabtu buka dari pukul 8.30 – 13.30 WIB. Hari Senin/Besar tutup

Angkutan umum yang melalui Museum
Bus Way, Blok M – Kota
Bus Way, Pulogadung – Monas
Patas AC 79, Kp. Rambutan – Kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar