Mohon mengisi form komentar...guna perkembangan Blog ini

Kamis, 01 Juli 2010

Ondel Ondel,Jakarta,Indonesia



Ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Nampaknya ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.
Ondel-ondel yang berupa boneka besar itu tingginya sekitar ± 2,5 m dengan garis tengah ± 80 cm, dibuat dari anyaman bambuyang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalarnnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki di cat dengan warna merah, sedang yang perempuan dicat dengan warna putih. Bentuk pertunjukan ini banyak persamaannya dengan yang terdapat di beberapa daerah lain.
Pembuatan ondel-ondel dilakukan secara tertibbaik waktu membentuk kedoknya demikian pula pada waktu menganyam badannya dengan bahan bambu. Sebelum pekerjaan dimulaibiasanyadisediakan sesajen yang antara lain berisi bubur merah putihrujak-rujakan tujuh rupabunga-bungaan tujuh macam dan sebagainyadisamping sudah pasti di bakari kemenyanDemikian pulaondel-ondel yang sudah jadibiasa pula disediakan sesajen dan dibakari kemenyandisertai mantera-mantera ditujukan kepada roh halus yang dianggap menunggui ondel-ondel tersebut.Sebelum dikeluarkan dari tempat penyimpananbila akan berangkat main, senantias diadakan sesajenPembakaran kemenyan dilakukan oleh pimpinan rombonganatau salah seorang yangdituakan. Menurut istilah setempat upacara demikian disebut “Ukup” atau “ngukup”.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar